Peran Media Massa

21 Dec

PERAN MEDIA MASSA TERHADAP SOSIALISASI
PESERTA DIDIK DI SEKOLAH

Oleh:
Nadia Laksitaningtyas 100131404048
Administrasi Pendidikan 2010/ OFF A

Pembahasan

Pengertian Sosialisasi
Sosialisasi merupakan suatu proses di mana seseorang menghayati norma-norma kelompok di mana ia hidup sehingga timbullah diri yang unik, karena pada awal kehidupan tidak ditemukan apa yang disebut dengan “diri”. Agen sosialisasi adalah pihak-pihak yang melaksanakan atau melakukan sosialisasi. Ada empat agen sosialisasi yang utama, yaitu keluarga, kelompok sebaya, lembaga pendidikan sekolah dan media massa.
Keluarga merupakan agen pertama dalam sosialisasi yang ditemui oleh anak pada awal perkembangannya. Kemudian kelompok sebaya sebagai agen sosialisasi di mana anak akan belajar tentang pengaturan peran orang-orang yang berkedudukan sederajat. Sekolah sebagai agen sosialisasi merupakan institusi pendidikan di mana anak didik selama di sekolah akan mempelajari aspek kemandirian, prestasi, universalisme serta spesifisitas. Agen sosialisasi yang terakhir adalah media massa di mana melalui sosialisasi pesan-pesan dan simbol-simbol yang disampaikan oleh berbagai media akan menimbulkan berbagai pendapat pula dalam masyarakat.
Proses sosialisasi akan berjalan lancar apabila pesan-pesan yang disampaikan oleh agen-agen sosialisasi itu tidak bertentangan atau selayaknya saling mendukung satu sama lain. Akan tetapi, di masyarakat, sosialisasi dijalani oleh individu dalam situasi konflik pribadi karena dikacaukan oleh agen sosialisasi yang berlainan.

Media massa
Yang termasuk kelompok media massa di sini adalah media cetak (surat kabar, majalah, tabloid), media elektronik (radio, televisi, video, film). Besarnya pengaruh media sangat tergantung pada kualitas dan frekuensi pesan yang disampaikan.
Tv adalah salah satu media massa yang mempunyai peran penting dalam proses sosialisasi. Kehadiran TV dalam satu keluarga atau masyarakat dapat merupakan faktor pendukung maupun faktor penghambat dari suatu keluarga dalam menjalankan fungsinya yakni mensosialisasikan anak.
Contoh:
• Penayangan acara SmackDown! di televisi diyakini telah menyebabkan penyimpangan perilaku anak-anak dalam beberapa kasus.
• Iklan produk-produk tertentu telah meningkatkan pola konsumsi atau bahkan gaya hidup masyarakat pada umumnya.
Menurut pendapat Donald F.Robert (1973 :25) menyatakan bahawa media televisi mempunyai berbagai fungsi yakni :
Media fantasi
Kedudukan fantasi dalam kehidupan anak-anak sangat penting. Bagi anak-anak dunia fantasi sama eksistensinya dalam dunia nyata. Dengan berfantasi anak memperoleh kesempatan untuk mengembangakan imajinasinya dengan daya kreatifitasnya. Melalui fantasi anak akan mendapatkan kenyataan yang luar biasa.
Media diversi
Fungsi ini sama dengan fungsi bermain yang diperlakukan anak sebagai alternative untuk melepaskan diri dari mekanisme kehidupan sosial sehari-hari. Acara nyanyian , musik, film, drama merupakan program acara yang cenderung bersifat menghibur.

Media instruksi
Televisi merupakan media untuk memperoleh pengetahuan atau sebagai media pendidikan. Dari televisi anak akan memperoleh pengetahuan tentang norma, nilai, dan tata laku masyarakat yang diiternalisasikan ke dalam diri anak-anak dan akan menjadi pedoman dan kerangka berfikir dalam menilai baik buruknya suatu keadaan.
Media massa yang paling sering digunakan oleh peserta didik adalah televisi. Televisi lebih sering digunakan karena dengan media televisi dapat didengarkan suaranya bahkan dapat dilihat gambarnya, dengan demikian para peserta akan lebih tertarik.
Adanya media massa memang dapat meningkatkan sosialisasi peserta didik, namun harus tetap ada pengawasan. Media massa dapat memberikan dapak positif, namun apabila kurang pengawasan dapat berdampak negatif. Pengawasan dari orang tua pun harus dilakukan
Dilihat dari fungsi media massa, yang paling sering digunakan adalah fungsi media fantasi dan media diversi. Anak-anak lebih tertarik karena dari kedua fungsi tersebut siswa dapat menjadikannya sebagai sarana rekreasi setelah melakukan aktifitas yang menguras energi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: